Review ke Museum Nasional

         Museum Nasional Republik Indonesia atau Museum Gajah, adalah sebuah museum yang terletak di Jakarta Pusat dan persisnya di Jalan Medan Merdeka Barat no 12. Museum ini merupakan museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara. Eksistensi Museum Nasional diawali dengan berdiri nya suatu himpunan yang bernama Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen (BG), didirikan oleh Pemerintah Belanda pada 24 April 1778. BG merupakan lembaga independen yang didirikan untuk tujuan memajukan penelitian dalam bidang seni dan ilmu pengetahuan seperti arkeologi, kesusasteraan, dan sejarah. 
         Selama masa pemerintahan Inggris di Jawa (1811 - 1816) dipimpin oleh Letnan Gubernur Sir Thomas Stamford Raffles menjadi direktur perkumpulan ini. Museum ini sangat dikenal di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya warga Jakarta. Mereka menyebutnya Museum Gajah karena di halaman depan museum terdapat sebuah patung gajah perunggu hadiah dari Raja Chulangkorn (Rama V) dari Thailand yang pernah berkunjung tahun 1871. Kadang juga disebut "Gedung Arca" karena banyak nya arca yang tersimpan di dalam nya. Setelah Indonesia merdeka 26 Januari 1950, BG diubah namanya menjadi Lembaga Kebudayaan Indonesia. Mengingat pentingnya Museum ini 17 September 1962 Lembaga Kebudayaan Indonesia menyerahkan pengelolaan museum kepada Pemerintah Indonesia. 
        Hingga saat ini Museum Nasional menyimpan sekitar 141.000 benda- benda terdiri dari berbagai macam seperti koleksi prasejarah, arkeologi, keramik, etnografi, sejarah, dan geografi. Komplek Museum Nasional dibangun di atas tanah seluas sekitar 26.500 M2 hingga saat mempunyai dua gedung. Gedung Lama (Gedung A) digunakan untuk memamerkan koleksi museum dan ruang penyimpanan koleksi. Dan Gedung B (Gedung Arca) yang dibuka secara resmi pada tanggal 20 Juni 2007 oleh Dr. Susilo Bambang Yudhoyono Presiden RI ke 6 digunakan untuk ruang pameran, konferensi, laboratorium, perpustakaan,dan lain lain.

Contoh Koleksi Museum Nasional





Harga Tiket Museum Nasional:

Pengunjung Perorangan
Dewasa: Rp 5.000
Anak - Anak: Rp 2.000

Pengunjung Rombongan (minimum 20 orang):
Dewasa: Rp 3.000
Anak Anak (Tk s/d Sma): Rp 1.000
Pengunjung Asing: Rp 10.000

Jam Operasional
Senin, Hari Libur Nasional: Tutup
Selasa - Kamis: 8.30 - 16.00
Jumat: 8.30 - 11.30 & 13.00 - 16.00
Sabtu & Minggu: 8.30 - 17.00

10 Tema:
Definsi Museum Nasional, Sejarah singkat Museum Nasional, Sebutan Lain Museum Nasional, Penyerahan Museum Nasional ke Pemerintah Indonesia, Jumlah Koleksi, penjelasan macam koleksi, Komplek Museum Nasional, Penjelasan Gedung yg ada di Komplek Museum Nasional, Contoh Gambar Koleksi Museum, Harga tiket dan jam Operasional.

dibuat oleh: Gede Adnyana Bandesa | Calon Anggota Wkm Media Publica 
31 Januari 2014

Komentar

Postingan Populer